Penananaman Sikap Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Nurul Hasanah

Authors

  • Syarifah Aeni Rahman Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar
  • Patta Bundu Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar
  • Sulaiman Samad Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar
  • Ummu Khaltsum Pascasarjana Universitas Negeri Makassar, Makassar

Keywords:

Pembelajaran IPS, Sikap Sosial, Siswa Nurul Hasanah

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai rancangan penanaman sikap sosial siswa di kelas IV di SD Nurul Hasanah khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.  Penelitian difokuskan pada tiga aspek yakni sikap yaitu disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Nurul Hasanah. Fokus penelitian pada penanaman sikap sosial dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan cara menanamkan sikap sosial dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dikelas.  Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penanaman sikap sosial khususnya disiplin, bertanggung jawab, dan kerjasama siswa di kelas IV SD Nurul Hasanah. Teknik analisis data yang digunakan adalah Model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Proses penanaman sikap sosial dapat dilakukan baik di dalam maupun di luar kelas. Aktivitas-aktivitas yang dirancang dibuat sedemikian rupa untuk memperkuat sikap sosial siswa, khususnya disiplin, tanggung jawab, dan kerjasama siswa. Selain merancang aktivitas yang mendukung penanaman sikap sosial siswa, guru juga memberikan keteladanan dan senantiasa mengingatkan siswa untuk disiplin, bertanggung jawab, dan kompak dalam bekerja sama. Guru harus selalu memberikan contoh atau teladan agar para siswasemangat dan motivasi dalam melaksanakan kewajibannya sebagai seorang peserta didik di sekolah misal datang tepat waktu, disiplin dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru, serta memiliki jiwa kerjasama yang tinggi dalam belajar.

References

Karima, Muhammad Kaulan, Ramadhani. (2018). Permasalahan Pembelajaran IPS dan Strategi Jitu Pemecahannya. Ittihad, 2 (1), Januari – Juni 2018 • p-ISSN: 2549-9238 e-ISSN: 2580-5541.

Hidayati, dkk. (2008). Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Rahmawati Fitri & Zidni. (2018). Identifikasi Per-masalahan-permasalahan dalam Pembelajaran IPS. Fajar Historia. Volume 3 Nomor 1, Juni 2019, 1-10.

Salim, dkk. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Perdana Publishing.

Winataputra. (2011). Materi dan Pembelajaran IPS SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sayektiningsih, Bambang Sumardjoko, dan Achmad Muhibin. (2017). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di madrasah aliyah muhammadiyah klaten. Jurnal Managemen Pendidikan. 12 (2): 228-238.

Published

2022-06-10

How to Cite

Rahman, S. A., Bundu, P. ., Samad, S. ., & Khaltsum, U. . (2022). Penananaman Sikap Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SD Nurul Hasanah. Indonesian Annual Conference Series, (Proceedings of IACS-CSPC 2022), 93-95. Retrieved from https://ojs.literacyinstitute.org/index.php/iacseries/article/view/556